RPP Matematika Kelas 5 Smt 1
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : SDN 1 BULUSARI
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/ I
Pertemuan Ke : 1-5
Alokasi Waktu : 10 x 35
Menit
A.
Standar Kompetensi :
1. Melakukan Operasi Hitung
Bilangan Bulat dalam pemecahan masalah
B.
Kompetensi
Dasar
1.2 Melakukan operasi hitung bilangan bulat
termasuk penggunaan sifat-sifatnya pembulatan dan penaksiran.
C.
Tujuan
Pembelajaran**
Peserta didik dapat :
§ Menggunakan
sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk melakukan perhitungan secara
efisien
§ Membulatkan
bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil
operasi hitung dua bilangan
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline ),
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence ) dan Tanggung jawab ( responsibility )
D.
Materi
Ajar
Sifat Operasi hitung
bilangan bulat
§ Penggunaan
sifat komutatif, Asosiatif, dan Distributif
§ Pembulatan
bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan terdekat
§ Menaksir hasil
operasi hitung dua bilangan
E.
Metode
Pembelajaran
Demonstrasi, Tanya Jawab, Deduktif, latihan,
Ekspositori
F.
Langkah-langkah
Pembelajaran :
Pertemuan
ke 1-2
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang macam-macam bilangan bulat yang telah dipelajari pada
kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya
pembulatan dan penaksiran
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Melakukan
percobaan dengan menggunakan kancing berwarna-warni yang dapat membantu siswa
memahami sifat-sifat operasi hitung yang dapat diambil dari kehidupan
sehari-hari, misalnya : 5 kancing Merah + 4 Kancing Putih apakah sama
dengan 4 kancing Putih + 5 Kancing Merah
? (sifat komutatif penjumlahan). Setelah selesai melakukan percobaan dan
ditarik kesimpulan siswa di uji kemampuannya dengan mengerjakan soal latihan.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
mengulang kembali kegiatan yang telah dilakukan memberikan kesimpulan kemudian
memberikan pekerjaanrumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
Pertemuan
ke 3-5
§ Kegiatan awal
-
Apresepsi/ Motivasi
-
Mengingatkan kembali tentang cara membulatkan bilangan
bulat yang telah dipelajari pada kelas sebelumnya
§ Kegiatan Inti
&
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
Siswa dapat
Melakukan operasi hitung bilangan bulat termasuk penggunaan sifat-sifatnya
pembulatan dan penaksiran
& Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F
Menjelaskan
cara membulatkan bilangan dan menaksir
dengan menggunakan garis bilangan.
![]() |
1 2
3 4 5
6 7 8
9 10
![]() |
![]() |
dibulatkan ke
bawah dibulatkan ke atas
F
Kemudian
melakukan diskusi mengenai cara mennaksir hasil operasi hitung, setelah itu
siswa diuji leterampilannya dalam, membulatkan dan menaksir hasil operasi
hitung.
&
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F
Guru bertanya
jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
§ Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
Guru
memberikan kesimpulan mengenai materi yang telah dibahas bersama-sama kemudian
memberikan pekerjaan rumah dan
menginformasikan materi yang akan dibahas pada pertemuan selanjutnya.
G.
Alat/Bahan
dan Sumber Belajar
§ Buku Pelajaran
Matematika untuk Sekolah Dasar Kelas 5 .
§ Matematika SD untuk Kelas
V 5 B Esis
§ Matematika
Progesif Teks Utama SD Kelas 5
§ Kancing Baju
§ White board,
papan tulis, spidol, kapur dan penghapus papan tulis
H.
Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
o Menggunakan sifat komutatif, asosiatif dan distributif untuk
melakukan perhitungan secara efisien
o Membulatkan bilangan-bilangan dalam satuan, puluhan, dan ratusan
terdekat
o Menaksir hasil operasi hitung dua bilangan
|
Tugas IndVidu
dan Kelompok
|
Laporan buku pekerjaan rumah
|
o 50 + 17 = …….+…….
o –12 X 5 = …….+……
o 12 + ( 14 + 70) = (….+….) + ….
o 10 X (-19 X 5) = (….+…) +
….
o –14 X (15 + 40) = (….X…,) + (….X….)
o dst.
|
Format Kriteria Penilaian
& Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
& Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Pengetahuan
Sikap
|
* Pengetahuan
* kadang-kadang Pengetahuan
* tidak Pengetahuan
* Sikap
* kadang-kadang Sikap
* tidak Sikap
|
4
2
1
4
2
1
|
Lembar
Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Pengetahuan
|
Sikap
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN
:
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat
penilaian KKM maka diadakan Remedial.
............, ......................20 ...
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mapel Matematika
.................................. ..................................
NIP : NIP
:
Komentar
Posting Komentar